RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MAN 1 Semarang
Kelas/Semester :
X IPA/2
Mata Pelajaran :
Biologi
Materi
Pokok : Pencemaran Lingkungan dan Upaya Pelestariannya
Pertemuan Ke :
1, 2, 3, 4, dan 5
Alokasi Waktu :
9 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, responsif, dan pro
aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humanoira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.2 Peka dan peduli terhadap permasalahan
lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Berperilaku Berperilaku
ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan
percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas
3.12 Mengidentifikasi
jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produk daur ulang limbah
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi perubahan lingkungan
2.
Menjelaskan pencemaran lingkungan
3.
Mendeskripsikan pelestarian lingkungan
4.
Membuat usulan pelestarian lingkungan
5.
Menentukan jenis-jenis limbah
6.
Menentukan sampah/ limbah yang akan dibuat produk daur ulang
7.
Merancang produk daur limbah yang mempuyai nilai jual
8.
Mengkomunikasikan hasil produk yang telah dibuat
D.
Tujuan
Pembelajaran.
Siswa
mampu mengidentifikasi dan menjelaskan
pencemaran lingkungan, mendeskripsikan dan membuat usulan pelestarian
lingkungan, menentukan dan membuat daur ulang limbah yang bernilai jual, serta
peka terhadap lingkungan.
E.
Metode
Pembelajaran.
1.
Pengamatan
2.
Diskusi.
3.
Eksperimen.
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan
1
I.
Pendahuluan
(10 menit)
Doa,
salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian prasyarat,
penyampaian tujuan pembelajaran.
II.
Kegiatan
Inti (70
menit)
a.
Mengamati.
Peserta didik membaca hasil studi dari berbagai laporan media mengenai
perusakan lingkungan
b. Menanya
Apa yang dimaksud perusakan lingkungan dan apa penyebabnya
c.
Eksplorasi/eksperimen.
Peserta didik mengumpulkan informasi sebagai bahan diskusi atau sebagai
topic yang akan didiskusikan mengenai masalah dampak pencemaran lingkungan, dan
melakukan percobaan pencemaran air oleh detergen.
d.
Mengasosiasikan.
Peserta didik dalam kelompok menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi,
tentang dampak pencemaran lingkungan, penyebab, pencegahan serta penanggulangannya
sesuai dengan data yang diperoleh.
Mendiskusikan tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek
rumah kaca, apa penyebabnya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.
e.
Mengkomunikasikan.
Laporan hasil pengamatan secara tertulis (portofolio)
Presentasi secara lisan tentang kerusakan lingkungan
III.
Penutup
(10 menit)
Penugasan Terstruktur: menentukan jenis-jenis limbah
Kegiatan mandiri tidak terstruktur:
merancang proses daur ulang limbah rumah tangga
Pertemuan
2
I.
Pendahuluan
(10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian
prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II. Kegiatan
Inti (70
menit)
a.
Mengamati
Guru menunjukkan macam-macam sampah rumah tangga
b.
Menanya
Apa yang dimaksud dengan sampah organic dan non-organik?
c.
Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Melalui kerja kelompok melakukan kegiatan:
Menentukan limbah/ sampah yang ada di sekitar lingkungan rumah atau
sekolah
Mencatat kategori limbah dan mengisi table yang sudah tersedia
d.
Mengasosiasikan
Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pelestarian lingkungan, usulan
pelestarian lingkungan, jenis-jenis limbah dan proses daur ulang limbah
e.
Mengkomunikasikan
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
Presentasi secara lisan tentang pelestarian lingkungan
III.
Penutup
(10 menit)
Penugasan Terstruktur: membawa limbah yang dapat didaur ulang pada
pertemuan berikutnya
Refleksi/umpan
balik
Pertemuan
3
I.
Pendahuluan
(10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apresiasi, motivasi, penyajian
prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II.
Kegiatan Inti (70
menit)
a.
Mengamati
Guru menyuruh salah satu kelompok menunjukkan ke depan barang bekas
rumah tangga dan peserta didik mengamatinya
b.
Menanya
Bagaimana cara menentukan criteria sampah/ limbah yang dapat dibuat
produk daur ulang?
c.
Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Peserta didik membuat: perencanaan daur ulang limbah dan melakukan
proses daur ulang sesuai dengan prosedur.
d.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan hasil produk dari daur ulang yang dibuat dalam hal
kegunaan di dalam masyarakat.
e.
Mengkomunikasikan
Laporan proses daur ulang secara tertulis
Presentasi secara lisan tentang proses daur ulang
III.
Penutup
(10 menit)
Refleksi/umpan
balik.
G.
Sumber/bahan/alat.
Buku
Biologi, Dyah Aryulina, Esis.
Buku
Biologi, P.A. Pratiwi, Dkk, Erlangga.
H.
Penilaian.
a.
Jenis
penilaian :portofolio,
penilaian sikap, performance/ tes praktik, tes tertulis/ essay
b.
Tindak
lanjut : siswa yang telah
mencapai KKM diberi pengayaan.
siswa yang belum mencapai KKM diberi
remidial.
I.
Alat
Penilaian.
Instrument penilaian portofolio
Nama Peserta didik :_________________________________________________________
Kelas/SMT :_________________________________________________________
No
|
KI / KD / PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIOA
|
Jumlah Score
|
ket
|
||||
Kualitas
rangkuman
|
makalah
|
Laporan Pengamatan
|
Laporan Eksperimen
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|||
Catatan:
PI = Pencapaian Indikator
Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file
sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
Kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik
yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
Instrument penilaian sikap
Materi : Keseimbangan
Lingkungan
Kelas/Semester : X/2
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
·
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
Instrument penilaian diskusi
No
|
Nama
siswa
|
Menyampaikan
pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan
argumentasi
|
Jumlah
score
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
:
Menyampaikan
pendapat
1. Tidak
sesuai masalah
2.
Sesuai
dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai
dengan masalah dan benar
Menanggapi
pendapat
1. Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
dengan didukung referensi
Mempertahankan
pendapat
1. Tidak
dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Instrument penilaian produk
Aspek
Penilaian : Praktik/Psikomotor
Tanggal
Penilaian :
|
|
Kriteria/Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Kriteria:
1. Tahap
Perencanaan Bahan (1)
2. Tahap
Proses Pembuatan
Persiapan
alat dan bahan (2)
Tehnik
Pengolahan (3)
K3
( keselamatan, kemamanan dan kebersihan ) (4)
3. Tahap
Akhir ( bentuk Produk)
Bentuk
Fisik (5)
Inovasi
(6)
Penskoran
: Tiap Indikator rentang 1 – 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan
ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
Instrument tes menggunakan tes tertulis/ uraian
1)
Sebutkan minimal Tiga
(3) Permasalahan yang dapat diidentifikasi, jika terjadi penebangan dan
pencurian kayu di hutan-hutan Kalimantan
secara besar-besaran !
2)
Bagaimana sebuah
LSM Peduli lingkungan dapat mengkritisi
suatu pabrik yang didirikan di dekat pemukiman telah menyebabkan
pencemaran air, tanah dan udara ?
3)
Seorang siswa SMA ingin
melakukan penelitian “Pengaruh variasi konsentrasi limbah cair pabrik tepung
tapioca terhadap kecepatan kematian
anakan lele”. Tentukan (1)
Rumusan masalah (2) Apakah yang harus dibuat sama agar kesimpulan sesuai dengan
hipotesis “ variasi konsentrasi limbah cair pabrik tepung tapioca terhadap
kecepatan kematian anakan lele” (3) Bagaimana model organisasi datanya (4) Gambarkan diagram alur pelaksanaan
percobaannya
Mengetahui,
Guru Pamong
Drs.
R.M. Djupriyanto, M.Pd.
NIP. 19680410
199512 1 005
|
|
Semarang, 04 Februari 2014
Praktikan
Izadatul Hasanah
103811011
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar