Selasa, 11 Februari 2014

rpp animalia kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 ppl iain Walisongo Semarang di MAN 1 Semarang
Satuan Pendidikan      : MAN 1 Semarang
Kelas/Semester            :  X IPA/2
Mata Pelajaran            :  Biologi
Materi Pokok              :  Dunia Hewan (animalia)
Pertemuan Ke             :  1, 2, 3, 4, dan 5
Alokasi Waktu            :  9 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, responsif, dan pro aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humanoira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
2.1    Berperilaku ilmiah, teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan.
3.1 Mengidentifikasi ciri dan kompleksitas sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui pengamatan objek/gambar dan menyajikannya dalam bentuk tabel
4.1 Melakukan pengamatan berbagai jenis hewan vertebrata untuk memahami ciri-cirinya    dan membandingkan kompleksitas pada berbagai sitem organnya

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan.
2.    Mengelompokkan kingdom animalia berdasarkan cirri-ciri umum animalia
3.    Mengidentifikasi ciri-ciri porifera
4.    Mengklasifikasikan filum porifera berdasarkan cirri-cirinya.
5.    Menyebutkan contoh-contoh dari porifera
6.    Menjelaskan proses perkembangbiakan porifera
7.    Menjelaskan peranan porifera
8.    Mengidentifikasi ciri-ciri coelenterata
9.    Mengklasifikasikan filum coelenterata berdasarkan cirri-cirinya.
10.     Menyebutkan contoh-contoh dari coelenterate
11.     Menjelaskan proses perkembangbiakan coelenterate
12.     Menjelaskan peranan coelenterate
13.     Mengidentifikasi ciri-ciri platyhelminthes
14.     Mengklasifikasikan filum platyhelminthes berdasarkan cirri-cirinya.
15.     Menyebutkan contoh-contoh dari platyhelminthes
16.     Menjelaskan proses perkembangbiakan platyhelminthes
17.     Menjelaskan peranan platyhelminthes
18.     Mengidentifikasi ciri-ciri nemathelminthes
19.     Mengklasifikasikan filum nemathelminthes berdasarkan cirri-cirinya.
20.     Menyebutkan contoh-contoh dari nemathelminthes
21.     Menjelaskan proses perkembangbiakan nemathelminthes
22.     Menjelaskan peranan nemathelminthes
23.     Mengidentifikasi ciri-ciri annelida
24.     Mengklasifikasikan filum annelida berdasarkan cirri-cirinya.
25.     Menyebutkan contoh-contoh dari annelida
26.     Menjelaskan proses perkembangbiakan annelida
27.     Membedakan antara cacing yang merugikan dan tidak merugikan
28.     Menjelaskan peranan annelida
29.     Mengidentifikasi ciri-ciri molusca
30.     Mengklasifikasikan filum molusca berdasarkan cirri-cirinya.
31.     Menyebutkan contoh-contoh dari molusca
32.     Menjelaskan proses perkembangbiakan molusca
33.     Menjelaskan peranan molusca
34.     Mengidentifikasi ciri-ciri arthropoda
35.     Mengklasifikasikan filum arthropoda berdasarkan cirri-cirinya.
36.     Menyebutkan contoh-contoh dari arthropoda
37.     Menjelaskan proses perkembangbiakan arthropoda
38.     Menjelaskan peranan arthropoda
39.     Mengidentifikasi ciri-ciri echinodermata
40.     Mengklasifikasikan filum echinodermata berdasarkan cirri-cirinya.
41.     Menyebutkan contoh-contoh dari echinodermata
42.     Menjelaskan proses perkembangbiakan echinodermata
43.     Menjelaskan peranan echinodermata
44.     Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi dan anatomi hewan kelas pisces
45.     Mengklasifikasikan hewan kelas pisces
46.     Menjelaskan peranan pisces
47.     Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi dan anatomi hewan kelas amphibia
48.     Mengklasifikasikan hewan kelas amphibian
49.     Menjelaskan peranan amphibian
50.     Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi dan anatomi hewan kelas reptilian
51.     Mengklasifikasikan hewan kelas reptilian
52.     Menjelaskan peranan reptilian
53.     Mengidentifikasi ciri-ciri kelas aves
54.     Mengklasifikasikan hewan yang tergolong dalam kelas aves
55.     Menjelaskan peranan aves
56.     Mengidentifikasi ciri-ciri kelas mamalia
57.     Mengklasifikasikan hewan yang tergolong dalam kelas mamalia

D.  Tujuan Pembelajaran.
Siswa mampu menjelaskan ciri karakteristik, reproduksi, pengelompokan dan peran dunia hewan bagi manusia.

E.  Metode Pembelajaran.
1.      Pengamatan
2.      Diskusi.
3.      Eksperimen.

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
I.     Pendahuluan (10 menit)
Doa, salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II.  Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati.
Melakukan pengamatan ciri umum dunia hewan melalui study literatur.
b.      Eksplorasi/eksperimen.
Membuat data ciri karakteristik umum dunia hewan.
c.       Mengasosiasikan.
Menganalisa ciri karakteristik pembeda dalam pengelompokan dunia hewan.
d.      Mengkomunikasikan.
Mempresentasikan hasil data pengamatan.
III. Penutup (10 menit)
Refleksi/umpan balik.
Pertemuan 2
I.       Pendahuluan (10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II. Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati
Peserta didik mengamati berbagai macam gambar dan video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
b.      Menanya
Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
c.       Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Membuat bagan atau data pengelompokkan porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes.
d.      Mengasosiasikan
Mendiskusikan hasil pengamatan porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes untuk memahami ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokan.
Menjelaskan ciri-ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes menggunakan mind map
e.       Mengkomunikasikan
Peserta didik secara bergantian mempresentasikan ciri-ciri porifera, coelenterata, platyhelminthes, nemathelminthes menggunakan mind map
III. Penutup (10 menit)
Refleksi/umpan balik.
Penugasan Terstruktur (PT). Mencari artikel tentang ciri-ciri annelida, molusca, arthropoda, echinodermata untuk pertemuan minggu depan.
Pertemuan 3
I.     Pendahuluan (10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apresiasi, motivasi, penyajian prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II.     Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati
Peserta didik mengamati berbagai macam gambar dan video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
b.      Menanya
Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
c.       Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Membuat bagan atau data pengelompokkan annelida, molusca, arthropoda, echinodermata.
d.      Mengasosiasikan
Mendiskusikan hasil pengamatan annelida, molusca, arthropoda, echinodermata untuk memahami ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokan.
Siswa mencari pasangan gambar spesies dengan filum yang sesuai melalui kartu yang diberian oleh guru secara terpisah.
e.       Mengkomunikasikan
Peserta didik secara bergantian mempresentasikan ciri-ciri annelida, molusca, arthropoda, echinodermata menggunakan mind map.
III.          Penutup (10 menit)
Penugasan Terstruktur: mencari artikel tentang cirri-ciri, klasifikasi, contoh dan perkembangbiakan hewan kelas pisces, amphibian, reptilian, aves, mamalia untuk pertemuan minggu depan
Refleksi/umpan balik.
Pertemuan 4
I.       Pendahuluan (10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apresiasi, motivasi, penyajian prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II.                Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati
Peserta didik mengamati berbagai macam gambar hewan vertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
b.      Menanya
Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
c.       Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Mengamati ciri umum pengelompokan hewan vertebrata melalui objek atau gambar yang ada pada lembar kerja siswa
Mendiskusikan hasil pengamatan vertebrata untuk memahami berbagai cirri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokan
Membandingkan kompleksitas ciri-ciri hewan vertebrata
d.      Mengasosiasikan
Menjelaskan ciri-ciri hewan vertebrata menggunakan mind map
e.       Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan ciri-ciri vertebrata dalam bentuk tabel perbandingan kompleksitas system organnya.
III.             Penutup (10 menit)
Penugasan Terstruktur: mencari artikel peranan vertebrata dan invertebrata dalam kehidupan
Refleksi/umpan balik.
Pertemuan 5
I.       Pendahuluan (10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apresiasi, motivasi, penyajian prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II. Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Mengamati.
Mengamati berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan hewan invertebrate dan vertebrata melalui gambar, charta, atau film.
b.      Menanya
Siswa dimotivasi untuk menanyakan: apa peran hewan-hewan tersebut dalam kehidupan dan lingkungan
c.       Eksplorasi/ekperimen.
Mengidentifikasi peran hewan invertebrata dan vertebrata berdasarkan pengamatan gambar atau film
Mendiskusikan peranan hewan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang.
d.      Mengasosiasikan.
Menggunakan hasil diskusi dari pengamatan untuk membuat kesimpulan tentang peranan hewan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Menganalisis kemungkinan bila terjadi pemabfaatan hewan-hewan tersebut yang bernilai ekonomi tetapi tidak dikelola secara bijaksana bagi lingkungan.
e.       Mengkomunikasikan.
Peserta didik mempresentasikan tentang pemanfaatan dan peranan hewan invertebrata dan vertebrata.
III. Penutup (10 menit)
Refleksi/umpan balik.

G. Sumber/bahan/alat.
Buku Biologi, Dyah Aryulina, Esis.
Buku Biologi, P.A. Pratiwi, Dkk, Erlangga.
Video invertebrata, Charta/ gambar Dunia hewan.

H.  Penilaian.
a.       Jenis penilaian             : ulangan harian.
b.      Bentuk penilaian         : essay.
c.       Tindak lanjut               : siswa yang telah mencapai KKM diberi pengayaan.
  siswa yang belum mencapai KKM diberi remidial.

                                                                                        

Mengetahui,
Guru Pamong


Drs. R.M. Djupriyanto, M.Pd.
NIP. 19680410 199512 1 005

Semarang, 04 Februari 2014

Praktikan


Izadatul Hasanah
103811011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar