RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MAN 1 Semarang
Kelas/Semester :
X IPA/2
Mata Pelajaran :
Biologi
Materi
Pokok : Ekosistem
Pertemuan Ke :
1 dan 2
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, responsif, dan pro
aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humanoira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem dan lingkungan hidup.
3.9
Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang
berlangsung didalamnya
4.9
Mendesain
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk
media.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mendeskripsikan informasi/data dari
berbagai sumber tentang ekosistem
2. Menjelaskan semua interaksi yang
berlangsung dalam ekosistem
3. Menganalisis bagan interaksi antar
komponen ekosistem
4. Menggambarkan bagan jaring-jaring
makanan
5. Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energy dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
D.
Tujuan
Pembelajaran.
1. Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai
ekosistem siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri ekosistem dari beberapa sumber
yang siswa dapatkan.
2. Setelah siswa mendapatkan penjelasan dari guru mengenai
semua interaksi yang berlangsung dalam
ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi-interaksi yang berlangsung dalam
ekosistem
3. Setelah siswa mendapatkan penjelasan tentang komponen
ekosistem siswa dapat menganalisis interaksi antar komponen ekosistem
4. Setelah siswa mendapatkan penjelasan tentang bagan-bagan
jaring-jaring makanan, siswa dapat menggambarkan bagan-bagan jaring-jaring
makanan.
E.
Metode
Pembelajaran.
1.
Pengamatan
2.
Diskusi.
3.
Eksperimen.
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan
1
I. Pendahuluan (10 menit)
Salam, doa
Pengkondisian
kelas
Apersepsi,
Motivasi, Penyajian prasarat
Guru menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi.
II. Kegiatan Inti (110 menit)
a. Mengamati
Mengamati
ekosistem dan komponen yang menyusunnya
Mengamati
video terbentuknya hujan dari proses penguapan.
b. Menanya
Ekosistem dan bagaimana hubungan
antar komponen?
Bagaimana terjadi aliran
energi di alam?
Siklus apa yang berlangsung di
alam untuk menjaga keseimbangan?
c. Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya
dan mengidentifikasi komponen-komponen
yang menyusun ekosistem.
Menganalis hubungan antara komponen biotik dan
abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan.
Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan
dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan.
Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem
dan aliran energi.
Mendiskusikan daur biogeokimia menggunakan
bagan
Mendiskusikan ketidak seimbangan lingkungan dan
memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang.
d. Mengasosiasi
Mendiskusikan
data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan
ekosistem yang ada
Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa
di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia
Menyimpulkan bahwa di alam jika
terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya
rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung
e. Mengkomunikasikan
Menjelaskan secara lisan komponen
ekosistem, proses biogeokimia, ketidakseimbangan ekosistem dan aliran energy.
III.
Penutup (15 menit)
Guru memberikan soal dan tugas / PR kepada siswa
Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan
menutup pembelajaran
Refleksi
/umpan balik
Pertemuan
2
I. Pendahuluan (10 menit)
Salam, doa
Pengkondisian
kelas
Apersepsi,
Motivasi, Penyajian prasarat
Guru menentukan kelompok pada siswa untuk melakukan kegiatan diskusi.
II. Kegiatan Inti (110 menit)
a. Mengamati
Mengamati macam-macam
ekosistem melalui buku bacaan/ literature.
b. Menanya
Apa perbedaan di antara macam-macam ekosistem tersebut
Apa yang dimaksud dengan suksesi?
c. Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
Mengumpulkan data mengenai penyebab suksesi primer dan suksesi sekunder
d. Mengasosiasi
Mendiskusikan
tipe-tipe ekosistem
Mendiskusikan suksesi primer dan sekunder
serta peranan ekosistem
e. Mengkomunikasikan
Menjelaskan secara lisan hasil
diskusi
III. Penutup (15 menit)
Refleksi
/umpan balik
G.
Sumber/bahan/alat.
Buku
Biologi, Dyah Aryulina, Esis.
Buku
Biologi, P.A. Pratiwi, Dkk, Erlangga.
Video siklus hujan
H.
Penilaian.
a.
Jenis
penilaian : ulangan harian.
b.
Bentuk
penilaian : essay.
c.
Tindak
lanjut : siswa yang telah
mencapai KKM diberi pengayaan.
siswa yang belum mencapai KKM diberi
remidial.
I.
Alat
Penilaian.
1.
Jelaskan arti biogeokimia yang anda ketahui!
2.
Apa yang terjadi jika unsur karbon, nitrogen, dan fosfor
tidak didaur ulang? Jelaskan!
3.
Dalam siklus nitrogen, mikroba apa saja yang berperan
sebagai pengurai?
4.
Terangkan fungsi senyawa fosfor bagi kehidupan manusia!
Mengetahui,
Guru Pamong
Drs.
R.M. Djupriyanto, M.Pd.
NIP. 19680410
199512 1 005
|
|
Semarang, 10 Februari 2014
Praktikan
Izadatul Hasanah
103811011
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar