RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MAN 1 Semarang
Kelas/Semester :
X IPA/2
Mata Pelajaran :
Biologi
Materi
Pokok : Keanekaragaman hayati
Pertemuan Ke :
1, 2, dan 3
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, responsif, dan pro
aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menerapkan pengetahuan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humanoira dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati
bioproses.
2.2 Berperilaku ilmiah, teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta,
berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan.
3.2 Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat
keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan ekosistem) di Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi usulan upayapelestarian
keanekaragam hayati di Indonesiaberdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang
dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengamati dari keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
2.
Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata atau gambaar dari
keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
3.
Mempresentasikan data yang diperoleh dari pengamatan keanekaragaman gen,
jenis, dan ekosistem
4.
Mengamati contoh keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan ekosistem)
Indonesia, flora, fauna, mikroorganisme, garis Wallace, garis weber
5.
Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata dan gambarr dari keanekaragaman
hayati (gen, jenis, dan ekosistem) Indonesia, flora, fauna, mikroorganisme,
garis Wallace, garis weber
6.
Mempresentasikan konsep keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan
ekosistem) Indonesia, flora, fauna, mikroorganisme, garis Wallace, garis weber
7.
Mengamati melalui gambar keunikan hutan hujan tropis
8.
Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata dan gambar keunkan
hutan hujan tropis
9.
Mempresentasikan konsep hutan hujan tropis
10.
Mengamati melalui literature upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
11.
Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia
12.
Mempresentasikan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
13.
Mengamati melalui gambar manfaat keanekaragaman hayati Indonesia
14.
Mengumpulkan data melalui pengamatan manfaat keanekaragaman hayati Indonesia
15.
Mempresentasikan hasil pengamatan manfaat keanekaragaman hayati Indonesia
16.
Menyebutkan tingkat (takson) pada system klasifikasi makhluk hidup
17.
Menentukan system klasifikasi makhluk hidup binomial
18.
Membangun perilaku jujur, bekerja sama dan proaktif dalam melakukan
pengamatan permasalahan pada berbagai objek biologi dan tingkat organisasi
kehidupan
D.
Tujuan
Pembelajaran.
Siswa
mampu menjelaskan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem di Indonesia, manfaatnya,
serta tingkat (takson) pada system klasifikasi makhluk hidup binomial
E.
Metode
Pembelajaran.
1.
Pengamatan
2.
Diskusi.
3.
Eksperimen.
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan
1
I.
Pendahuluan
(10 menit)
Doa,
salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian prasyarat,
penyampaian tujuan pembelajaran.
II.
Kegiatan
Inti (70
menit)
a.
Mengamati (observing).
Melakukan
pengamatan tingkat gen
melalui ukuran daun pada pohon yang sama, warna bunga dari jenis tanaman yang sama.
Melakukan
pengamatan tingkat
jenis melalui macam-macam bentuk daun yang diamati di kebun sekolah atau taman
sekolah dari berbagai jenis tanaman
b. Menanya (quesioning)
Guru menanyakan berbagai macam keanekaragaman hayati Indonesia
c.
Eksplorasi/eksperimen (experimenting)
Siswa mengelompokan berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis,
ekosistem)
d.
Mengasosiasikan (associating)
Mendiskusikan berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis, ekosistem) dan memberi contohnya
e.
Mengkomunikasikan (comunicating)
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang berbagai tingkat
keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem).
III.
Penutup
(10 menit)
Penugasan Terstruktur: carilah contoh-contoh berbagai tingkat
keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) mulai dari savanna sampai dengan
tundra.
Refleksi/umpan
balik.
Pertemuan
2
I.
Pendahuluan
(10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apersepsi, motivasi, penyajian
prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II. Kegiatan
Inti (70
menit)
a.
Mengamati
Peserta didik mengamati contoh-contoh keanekaragaman ekosistem mulai
dari savanna sampai dengan tundra dari peta atau sumber literature atau
internet
b.
Menanya
Guru menanyakan contoh-contoh dari keanekaragaman ekosistem
c.
Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Mengumpulkan data contoh-contoh dari keanekaragaman hayati dari berbagai
ekosistem mulai dari savanna sampai dengan tundra
d.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan
memberi contohnya, memahami garis Wallace dan weber.
e.
Mengkomunikasikan
Peserta didik secara bergantian mempresentasikan berbagai tingkat
keanekaragaman hayati Indonesia
III.
Penutup
(10 menit)
KMTT (kegiatan mandiri tidak terstruktur):
sebutkan peluang pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan dalam
era ekonomi kreatif
Refleksi/umpan
balik.
Pertemuan
3
I.
Pendahuluan
(10 menit).
Do’a, salam, pengkondisian kelas, apresiasi, motivasi, penyajian
prasyarat, penyampaian tujuan pembelajaran.
II.
Kegiatan Inti (70
menit)
a.
Mengamati
Peserta didik mengamati berbagai keanekaragaman hayati Indonesia
b.
Menanya
Begitu banyaknya keanekaragaman hayati Indonesia, bagaimana cara
mempelajarinya?
Bagaimana keanekaragaman hayati dikelompokan?
Apa manfaat keanekaragaman hayati bagi kesejahteraan bangsa?
c.
Mengumpulkan data (Eksplorasi/ekperimen)
Mengumpulkan data contoh tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia dengan contohnya dari berbagai ekosistem mulai
dari savanna sampai dengan tundra
Mengamati tentang takson dalam klasifikasi dan dan mengenal kunci
determinasi
d.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan
member contohnya, memahami garis Wallace dan weber
Mendiskusikan untuk mengasosiasikan pemahaman tentang takson dalam
klasifikasi dan kunci determinasi
e.
Mengkomunikasikan
Peserta didik secara bergantian mempresentasikan keanekaragaman hayati
Indonesia
Mempresentasikan
takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi
Mempresentasikan upaya pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati
Indonesia untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia
III.
Penutup
(10 menit)
Refleksi/umpan
balik.
G.
Sumber/bahan/alat.
Buku
Biologi, Dyah Aryulina, Esis.
Buku
Biologi, P.A. Pratiwi, Dkk, Erlangga.
Media asli (berbagai macam daun-daunan)
H.
Penilaian.
a.
Jenis
penilaian : ulangan harian.
b.
Bentuk
penilaian : essay.
c.
Tindak
lanjut : siswa yang telah
mencapai KKM diberi pengayaan.
siswa yang belum mencapai KKM diberi
remidial.
I.
Alat
Penilaian.
1.
Jelaskan tiga macam keanekaragaman hayati!
2.
Sebutkan tiga contoh keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem!
3.
Sebutkan contoh keanekaragaman hayati flora, fauna, mikroorganisme,
garis Wallace, garis weber!
4.
Jelaskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia!
5.
Sebutkan manfaat keanekaragaman hayati Indonesia!
6.
Jelaskan system klasifikasi makhluk hidup binomial!
Mengetahui,
Guru Pamong
Drs.
R.M. Djupriyanto, M.Pd.
NIP. 19680410
199512 1 005
|
|
Semarang, 04 Februari 2014
Praktikan
Izadatul Hasanah
103811011
|
Saya mau yang lebih padat
BalasHapusSaya mau yang lebih padat
BalasHapus